Cahyana, Cahaya Baru Sitting Volleyball Indonesia

Cahyana, Cahaya Baru Sitting Volleyball Indonesia

Cahyana, paralympian andalan baru timnas Sitting Volleyball Indonesia. Pemusatan Latihan Nasional NPC Indonesia 2019 di Solo tahun ini menjadi Pelatnas pertama baginya, meskipun dunia voli bukanlah hal baru bagi pria kelahiran Sumedang ini. Pada usia remaja, Cahyana merupakan atlet voli normal. Dia mulai menggeluti olahraga voli setelah tamat bangku Sekolah Menengah Pertama. Dengan tinggi badan 195 cm, Cahyana memiliki tubuh ideal bagi seorang atlet voli normal. Dia pun mulai berlatih dengan giat dan menjadi atlet voli berbakat pada masa itu.

Waktu berlalu, usia Cahyana 19 tahun ketika keadaan berubah. Dikisahkan olehnya, terjadi infeksi pada tulang kaki yang menyebabkan kakinya tidak tumbuh normal dan berfungsi sebagaimana sebelumnya. Cahyana mengaku sempat frustasi dengan keadaan tersebut sehingga Ia terpaksa memupus cita-citanya berseragam Merah Putih dan berhenti latihan voli selama beberapa tahun.

Hingga tahun lalu, pelatih voli yang dulu mengasuhnya mencoba menawari, mengajaknya kembali ke dunia voli dan berlatih Sitting Volleyball. Awalnya Cahyana sempat ragu, tetapi berbekal motivasi melanjutkan kembali harapannya membela Indonesia, ia pun kembali berlatih dan mendalami Sitting Volleyball.

Di pertandingan pertamanya sebagai paralympian, ia tampil bersama NPC kota Bandung di Pekan Paralympic Daerah (Peparda) Jawa Barat November 2018. Dengan prestasi di Peparda Jawa Barat, Cahyana kemudian mewakili Jawa Barat di Kejuaraan Nasional (Kejuaraan Nasional) NPC Indonesia Desember 2018 dan mendapatkan emas. Dari hasil itu, tak heran apabila Cahyana tidak butuh waktu lama untuk bisa menembus Tim Nasional Sitting Volleyball saat ini.

Saat ditanya mengenai persiapannya untuk Asean Paragames Phlippines 2020 nanti, pria yang tanggal 12 Juli lalu genap berusia 24 tahun ini mengatakan “Saya dan teman-teman terus berlatih dengan keras, disiplin, selalu menjaga kekompakan demi mengharumkan nama bangsa Indonesia di Asean Paragames 2020”.

Sukses Cahyana & Timnas Sitting Volleyball Indonesia, semangat mempersembahkan emas untuk Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published.